Pengertian Pelajaran IPS : Hakikat Pembelajaran IPS - Menurut Sapriya (2009: 19) Pelajaran "Ilmu Pengetahuan Sosial", disingkat
IPS, merupakan nama mata pelajaran di tingkat sekolah dasar dan menengah atau
nama program studi di perguruan tinggi identik dengan istilah "social studies"
Pengertian Pelajaran IPS di sekolah dasar merupakan nama mata pelajaran yang berdiri sendiri sebagai
integrasi dari sejumlah konsep disiplin ilmu sosial, humaniora, sains bahkan berbagai isu dan
masalah sosial kehidupan Sapriya (2009: 20). Materi IPS untuk jenjang sekolah
dasar tidak terlihat aspek disiplin ilmu karena lebih dipentingkan adalah
dimensi pedagogik dan psikologis serta karakteristik kemampuan berpikir peserta
didik yang bersifat holistik Sapriya (2009: 20).
Pengertian Pelajaran IPS adalah suatu bahan kajian
terpadu yang merupakan penyederhanaan, adaptasi, seleksi dan modifikasi
diorganisasikan dari konsep-konsep ketrampilan-ketrampilan Sejarah, Geografi,
Sosiologi, Antropologi, dan Ekonomi (Puskur, 2001: 9). Fakih Samlawi &
Bunyamin Maftuh (1999: 1) menyatakan bahwa IPS merupakan mata pelajaran yang
memadukan konsep-konsep dasar dari berbagai ilmu sosial disusun melalui
pendidikan dan psikologis serta kelayakan dan kebermaknaannya bagi siswa dan
kehidupannya.
Adanya mata pelajaran IPS di
Sekolah Dasar para siswa diharapkan dapat memiliki pengetahuan dan wawasan
tentang konsep-konsep dasar ilmu sosial dan humaniora, memiliki kepekaan dan
kesadaran terhadap masalah sosial di
lingkungannya, serta memiliki ketrampilan mengkaji dan memecahkan masalah-
masalah sosial tersebut.
Pembelajaran IPS lebih menekankan pada aspek “pendidikan ” dari pada
transfer konsep karena dalam pembelajaran IPS siswa diharapkan memperoleh
pemahaman terhadap sejumlah konsep dan mengembangkan serta melatih sikap,
nilai, moral dan ketrampilannya berdasarkan konsep yang telah dimilikinya.
Pelajaran IPS juga membahas hubungan antara manusia dengan lingkungannya. Lingkungan masyarakat dimana anak didik tumbuh dan berkembang sebagai bagian dari masyarakat dan dihadapkan pada berbagai permasalahan di lingkungan sekitarnya.
Berdasarkan uraian di atas peneliti menyimpulkan bahwa pengertian IPS atau pembelajaran IPS sebagai proses belajar yang mengintegrasikan konsep-konsep terpilih dari berbagai ilmu-ilmu sosial dan humaniora siswa agar berlangsung secara optimal.
Pelajaran IPS juga membahas hubungan antara manusia dengan lingkungannya. Lingkungan masyarakat dimana anak didik tumbuh dan berkembang sebagai bagian dari masyarakat dan dihadapkan pada berbagai permasalahan di lingkungan sekitarnya.
Berdasarkan uraian di atas peneliti menyimpulkan bahwa pengertian IPS atau pembelajaran IPS sebagai proses belajar yang mengintegrasikan konsep-konsep terpilih dari berbagai ilmu-ilmu sosial dan humaniora siswa agar berlangsung secara optimal.
Ditulis oleh:
Unknown - Sunday, February 24, 2013
Belum ada komentar untuk "PENGERTIAN IPS : Hakikat Pembelajaran IPS"
Post a Comment